Posted by : Fuyakiridozi Sabtu, 02 November 2013

Hola hola yang bukan teman ataupun yang anggep gue temen! 
Masih di sesi training nih, kalo sebelum nya kita udah ngebahas sebagian peralatan yang ada di pesawat. Sekarang kita bahas si burung besi yang bakal bawa kita terbang.. 

CHAPTER THREE : AIRCRAFT TYPE

"Selamat datang di pesawat Boeing 737 seri 800 new generation..." 

Pernah denger kutipan announcement kayak di atas? Jelas banget kalo di announcement itu di sebutkan tipe pesawat apa yang lu naikin. 
Coba kira kira pesawat apa yang udah lu tumpangi selama ini? Pesawat yang berbadan lebar (wide body)? Yang pake baling baling? Yang ada "jenong" nya? 
Well, ada banyak produsen pesawat di dunia. Mungkin yang sering lu denger adalah Boeing sama Airbus. 




Yap, beliau beliau ini adalah salah dua produsen raksasa langganan para operator (airlines). Banyak pesawat buatan mereka yang tiap hari lalu lalang di atas awan.. 
Keren? Banget.. Bisa bisa nya benda segede gaban itu terbang.. 

Oh ya ada yang tau kenapa pesawat bisa terbang? 
Karena ada mesin nya. Bener sih, tapi mesin itu juga kan ada cara kerja nya, spesifik dong ah.. 
Karena ada pilot nya yang bikin dia terbang!! BISA JADIIIIII!! 
Karena ada sayap nya!! Hmm.. 
Karena ada ekor nya!! ..... 
Ah ah karena ada gue di dalem nya!! ... 
Cukup cukup!! 
Hmmm udah ya. Sekarang waktu nya jawaban serius nya 
Kenapa pesawat bisa terbang? 

Kalo di liat dari sejarah nya, para penemu beranggapan kalo mau terbang, seperti hal nya burung, kita harus mengepakkan sayap. Makannya pesawat ada sayapnya. Tapi kan sayap pesawat kaku gak bisa di kepakkin. Ya kata siapa sayap pesawat buat di kepakkin.

Pesawat itu bisa terbang karena ada nya gabungan dari gaya dorong dari mesin dan gaya angkat dari sayap nya. Pesawat bergerak dengan bantuan mesin, nah dorongan dari mesin tersebut bakal menimbulkan yang nama nya perbedaan kecepatan aliran udara yang ada di atas dan bawah sayap pesawat. 
Kecepatan udara di atas sayap akan lebih besar dibanding di sayap bagian bawah, karena jarak tempuh lapisan udara yang mengalir di atas pesawat lebih besar dari pada jarak tempuh yang dibawah. 

Singkat nya semakin cepat aliran udara tersebut, semakin kecil juga tekanan yang di dapat. Karena aliran udara yang ada di atas sayap lebih cepat, tekanan yang di dapat akan semakin kecil, berbanding terbalik dengan yang di bagian bawah sayap pesawat yang mempunyai tekanan yang lebih besar. Nah tekanan udara yang besar itu lah yang turut memfasilitasisasi pesawat biar bisa melawan gravitasi alias terbang melayang di udara. 

Udah tau secara singkat alasan kenapa pesawat bisa terbang? Nah sekarang kita bahas anatomi dari si burung besi ini. 




kalo dilihat secara kasat mata kurang lebih kayak gitu lah ya. tapi ada yang tau gak nama nama bagiannya? 


Badan pesawat (Fuselage)



Sayap (Wing)




Ekor sayap (Horizontal stabilizer)





Sirip Tegak (Vertikal Stabilizer)




Mesin (Engine)




Bagian bagian pesawat tadi ada yang berfungsi sebagai pengatur pergerakan pesawat. Eh? pesawat juga ada pergerakannya? Ada dong.. Lu kira pesawat cuma bisa naik turun aja? Pesawat juga bisa belok walau gak ada lampu sein sama kaca spion nya. Apa aja istilah buat pergerakan pesawat? Yuk kita bahas pelan pelan,,

1.     Rolling adalah sebutan kalo pesawat bergerak miring kiri/ kanan. Nah dalang dari pergerakan Rolling ini adalah Aileron. 
2.     Pitching itu sebutan keren buat pergerakan naik-turun nya pesawat. Tapi jangan pake istilah pitching buat ngobrol sama temen temen lu yah contoh nya "duh gue capek banget abis pitching tangga".. Nah bagian pesawat yang bisa bikin pesawat naik turun itu nama nya Elevator
3.     Yawing . kalo yang ini istilah buat pesawat yang mau belok kanan-kiri. Sekali lagi, jangan bawa bawa istilah penerbangan ke kehidupan sehari hari lu. Adalah Rudder yang memfasilitasisasi pergerakan Yawing..

Ini gue kasih tau letak dari para benda yang udah gue sebutin di atas 




Kalo lu beli gadget pasti ada spesifikasi nya kan? Entah dia bisa ngeluarin suara, bisa foto, ada infrared nya, bisa nelpon, bisa masak telor dll.. 
Nah berhubung pesawat itu egois dan gengsi nya gede dia juga gak mau kalah spesifikasinya sama gadget.. 
Apa aja spesifikasinya nya? Beda pesawat beda juga spesifikasi nya. Berhubung banyak banget tipe pesawat di dunia ini, gue bahas pesawat yang (menurut gue) banyak di pake sama operator di Tanah Air.. 


BOEING 737 800 NG *eng ing eng* 


Di mulai dari kata Boeing - nya, jelas lah dia di buat dipabrik Boieng yang ada di Seattle, Amerika. 
Si B 737-800 NG (ini bukan plat mobil) punya dua mesin kembar (twin engine) yang nyantel di ke dua sayap kanan kiri nya. 






Nah engine yang di pake sama 800 NG ini tipe nya CFM International CFM 56-7 tiap engine nya punya daya dorong 24000 pounds 
Si biru ini punya berat maksimum untuk lepas landas atau Maximum Take-Off Weight (MTOW) nya seberat 174200 pounds atau sekitar 79010 kilogram.
Kecepatan terbang si burung biru ini mencapai 815 kilometer per jam lho.. 
737 800 NG ini bisa terbang dengan jarak maksimum 5665 kilometer. 

Berhubung 737 800 NG ini di buat untuk penerbangan komersil, jadi doi bisa nampung sekitar 160 sampai 189 penumpang. 
Berapa liter sih kita seharusnya minum air putih sehari hari? 2 liter? 3 liter? 
Kalo si 800 enji ini bisa nampung maksimal 26020 liter bahan bakar sekali jalan. 
Lebar interior kabin nya sekitar 3,53 meter.. 


Untuk dimensi nya si 800 selengkapnya nya bisa di lihat di bawah ini 




 Selesai udah teori nya. 
Matta nee ~~ 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -