Posted by : Fuyakiridozi Sabtu, 02 November 2013

Pagi!! Siang!! Sore!! Malem!!!

Balik lagi sama gue manusia yang amat sangat gak seberapa ini..

Setelah dapet teori disesi sesi sebelumnya. Sekarang waktu nya gue sharing soal praktek. Ada beberapa praktek yang waktu itu gue dapet. 
Ada yang nama nya wet drill.. Dari nama nya terlihat jelas ada hubungan nya sama yang basah basah.. Seperti cucian basah, pasir basah dan mi.... Mie basah.. 

Sesi wet drill ini kita sekelas dikirim ke teluk Jakarta buat di tenggelemin. Gak dings. Kita disana melakukan simulasi kalo lagi pendaratan darurat di perairan. Dari gimana cara command ke penumpang dan kita harus berenang sampe naik ke perahu karet yang udah di siapin sama instruktur di tengah laut. Antimainstream banget gak sih!!

Lu bisa berenang kagak? Alhamdulillah salah satu, dan mungkin satu satu nya bakat yang gue punya adalah berenang. Gak jago sih cuma bisa aja.. Kalo jago gue udah menang olimpiade tingkat kelurahan di Suriah.. 
Nah pas kita di bagi bagi kelompok, gue lupa waktu itu sekelompok sama siapa. Yang pasti entah siapa yang nunjuk atau kah gue dengan polos nya ngajuin diri yang jadi commander nya

"Seat belt off, shoes off, put life vest on, leave everything, evacuate, come this way, inflate life vest here. JUMP!!"

Yah kira kira begitu lah bunyi nya.. Artiin sendiri yak. Sembari gue command, temen temen yang satu kelompok sama gue pada nyemplung deh tuh ke laut.. 
Nah gue yang saat itu jadi commander nya nyemplung terakhir.. byuurr 

Gue denger nama gue di panggil panggil entah sama siapa, yang pasti sama salah satu teammate gue.. Gue di kerubungi!!

"Haduh tolongin aku dong aku gak bisa berenang"

Gue sih iya iya aja, tapi yang ngomong gitu gak cuma satu dua orang. Alhasil gue mutusin buat formasi saling gandeng.. 
Ya, gue di paling depan yang bertugas narik mereka.. Berat, ngos ngos an.. Yang pasti ini cewek cewek berisik banget asli.

"aduh aduh tungguin gue kelepas nih"
"eh eh bentar celana gue melorot"
"bentar bentar cowok gue nelpon.."

Akhir nya dengan kekuatan kue bulan kita (gue) sampai dengan susah payah. Tapi perjuangan belum berakhir.. Kita harus naik ke perahu karet nya.. Dan itu gak gampang. Apalagi di tengah laut, air nya lagi pasang, angin, ombak, dan yang pasti teriakan teriakan yang seharus nya gak perlu di teriakin..

"tolongin aku doong jangan di lepas!!"
"tolong ambilin celana gue, tadi melorot"
"tolongin cowok gue dong dia tenggelem di laut mati"

Gue bantu angkatin mereka ke perahu karet dengan susah payah, iya lah bobot mereka lebih besar ketimbang gue. Giliran gue yang mau naik gak ada yang tolongin.Rasa nya mau gue kempesin perahu karet nya paku. Tapi berhubung di laut gak bisa nyebarin paku gue urungkan niat itu.. 

Akhirnya bisa juga gue naik perahu karet nya.. Sampai nya di perahu kita di ajarin cara menggunakan semacam hand flare atau kembang api buat memberi tahu lokasi kita dimana. Perawakan nya hand flare kira kira begini.




Trus ada sea dye juga. Fungsi nya sama kayak hand flare cuma sea dye ini bentuk nya kayak blau, dan di pake nya untuk warnain air laut yang ada di sekitar kita. Ada yang warna hitam, merah, biru. Setelah di jelasin semua semua nya. Kita balik deh ke tepian dengan berenang lagi. Lagi lagi gue menerapkan posisi saling gandeng buat sampe ke tepian. Trus selesai deh..

Nah kalo ada air pasti ada api, yap, kalo di sesi sebelum nya kita udah mengenal soal alat pemadam api (hand firex) sekarang waktu nya mengaplikasikan nya.. Tapi masih tahap training kok.. Kita di tunjukin cara mengoperasikan si hand firex, juga cara memadamkan api yang baik dan benar. Seru banget..

Trus ada lagi nih nama nya visit aircraft, alias kita bertamu ke pesawat yang nanti nya bakalan jadi kantor nya para awak kabin.. Well, pengakuan aja, sebelum nya gue belum pernah naik pesawat. Naik ojek aja gue mabuk udara. Saat itu adalah pertama kalinya gue masuk ke pesawat, walau pesawat nya gak lagi terbang sih.




First impression, gue takjub aja liat nya di dalem pesawat ternyata gede. "Oh ini toh  yang nama nya pesawat" pikir gue. Di dalem pesawat kita di kasih tau alat alat yang udah kita pelajari waktu dikelas kemarin. Tempat nya dimana, bentuk bentuk aslinya juga di tunjukin.

Setelah semua teori dan praktek di jalani kurang lebih 3 bulan. Kita sampe pada yang nama nya pengecekan. 
Pengecekan ini adalah suatu kegiatan dimana isi otak kita di kuras dengan cara di tanya tanyain soal apa yang udah di pelajari selama di kelas dengan jumlah yang sama sekali gak ramah lingkungan.

Berarti kita harus menjalin hubungan baik sama buku manual. Itu satu buku manual yang di tanya nya. Bayangin aja tebelnya buku manual ini hanya bisa di sandingkan sama paha gue.

Jangan kan ada niat buat baca, liat daftar isi nya aja gue nyerah, gue terserang penyakit "jangan liat buku manual" Karena gue gak mau penyakit itu terus terus mengahantui, manual nya gue taroh di tempat nya keluarga Warren.. Alhasil gue gak belajar sama sekali. Sama sekali gak belajar ya.. Asli, tanpa rekayasa.

Pas hari pengecekan gue cengo, baru sadar kalo selama ini gue gak belajar sama sekali. Dengan modal nekat dan ongkos seadanya gue berangkat ke tempat training.. 
Sampe di kelas gue liat orang orang dengan muka tertekuk semua. Dandanan mereka gak bisa nutupin kalo mereka semua pucat pasi.. Termasuk gue. Mereka aja yang belajar rajin masih takut. Gimana gue yang nyentuh buku manual aja enggak.

Akhirnya dimulai lah detik detik pengecekan nya.. Si instruktur masuk, nanyain yang udah siap maju pertama. Entah gue kerasukan setan apa, tiba tiba gue langsung ngajuin diri. Ya walaupun gue gak ngajuin diri juga kan maju sesuai absen sih, dan gue emang absen nomor urut pertama.

Instruktur pengecekan nya itu awak kabin yang masih suka aktif terbang. Gak kayak dulu waktu dikelas, yang sebagian besar udah gak aktif terbang lagi. Waktu itu gue pengecekan bareng sohib gue, sebut saja Dian. Dan instuktur gue itu si mbak "yang nama nya tidak perlu di sebut".

First impression soal mbak ini.. "cakep cakep jutek" Ya, si mbak berwajah oriental ini cantik banget, suara nya lembut, tapi tampang nya bener bener gak baik buat kesehatan jantung gue..
Oh ya gue lupa, pengecekan hari itu bukan gue sama si Dian doang kok.. Kira kira ada 10 orang lah ya yang pengecekan. Jadi satu instruktur handle dua siswa.

Dimulai lah kegiatan pengurasan otak. Kita di suguhi berbagai hidangan pertanyaan yang legit dan menggigit.. 
Sebenernya pertanyaan nya sih mudah (ehem) cuma jumlah nya ini yang bisa bikin puasa batal. Dari pagi jam 9 sampai jam 4 sore. Istirahat 1 jam. Gue pribadi sih gak menemukan hal yang terlalu sulit dipertanyaan nya, lupa lupa dikit wajar lah ya. Manusiawi. Karena gue emang gak belajar sama sekali.. Sudah lah apa yang dipertanyakan waktu itu jangan lah di pertanyakan kembali, hanya akan menimbulkan konstipasi hati..

Tiba di final question nya, gue sama Dian di suruh briefing penumpang pake bahasa inggris, bukan briefing sembarang briefing.. Ini briefing soal safety, intinya kita ngasih tau si penumpang yang nanti nya bisa membantu kita saat darurat atau biasa di sebut Able Bodied Passenger (ABP). Ada sih teks briefing an nya.. Tapi sekali lagi gue tegaskan.. Gue sama sekali gak baca manual nya oke..

Jadi gue nge briefing si penumpang itu mengarang bebas, asal ngena briefingan nya..
Isi briefingan nya kurang lebih itu mengenai tugas si ABP nanti selama keadaan darurat.. Siapa yang lu bilang ABP? Yang pasti penumpang yang bersedia duduk di dekat pintu atau jendela darurat, dan sekira nya mampu secara fisik dan mental, gak harus cowok, cewek juga gak masalah kok.
Beda jalur keluar darurat beda juga briefingan nya.. Kalo gue gak salah inget gue waktu itu kebagian disuruh briefing penumpang di jendela darurat. Yang termasuk exit row seating itu kan akses langsung menuju exit nya tanpa ada nya halangan satupun, bahkan gak perlu memutar. Ini contoh exit row seating pada jendela darurat.




Nah kalo yang jendela itu ada dua baris dua kolom. Masing masing baris dan kolom ada tiga seat penumpang nah itu semua exit row seating, jadi bukan hanya pas di samping jendela nya aja ya..

Lanjut ke briefing, isi nya kurang lebih gini..
Pertama tama, lu assign nomor buat si abp tersebut, cuma memudahkan briefing aja sih, Kalo lu mau pake nama si ABP juga boleh, pake username Twitter nya juga. Bebas.
Contoh nya kalo lu assign pakai nomor, abp nomor #1 itu yang duduk pas banget dekat jendela, yang nomor #2 dan sisa nya nomor #3. Ini berlaku buat tiap baris yang ada di exit row seating.

Pada saat si ABP itu ngedenger command "evacuate evacuate" si abp #1 yang pas banget di samping jendela darurat harus bisa ngebuka jendela nya, tapi sebelum dibuka, di pastiin dulu kalo di luar gak ada api, asap, ataupun halangan lain sekira nya bisa menghambat proses evakuasi. 
Kalo ada halangan, jangan sekali sekali dibuka yah. Bukannya nyelamatin penumpang malah makan korban jiwa. Arahkan penumpang lain nya ke jalur evakuasi yang aman.. Nah si abp ini tugas nya blok jendela/pintu darurat yang gak bisa kepake itu.

Kalo ternyata pas diliat gak ada halangan, sok atuh di buka saja. Berhubung ini ngebuka jendela yang ada di pesawat, agak berat dan agak memakan waktu sepersekian detik, jadi abp #2 sama #3 nya tenangin penumpang yang udah buru buru mau keluar tuh. Bisa bayangin kan kalo udah di keadaan yang darurat gitu pasti pada panik dan buru buru pengen keluar. 
Tahan mereka sampai urusan abp #1 sama jendela nya kelar. 

Udah kebuka? Nah beruntung lah si abp #2 ini tugas nya turun duluan, bukan berarti langsung kabur ya.. Beliau turun duluan itu kurang lebih kasaran nya ya sebagai tumbal, gak dings. Doi turun duluan tugas nya buat mastiin kalo daerah disekitar situ aman buat evakuasi, dan ngebantu penumpang menjauh dari pesawat. 

Nah buat si abp #3 biar gak makan gaji buta, dia tugasnya buat ambil semacam tali (escape rope) letaknya ada di bingkai jendela yang udah kebuka. Nah ambil deh tuh talinya, di kait kan ke semacam ring lubang gitu yang ada di sayap pesawat. Di sebut nya sih "D"ring. Ini contoh penampakan si ring nya..




Tali itu sebagai sarana buat pegangan si penumpang yang keluar.
Setelah dikaitkan baru deh penumpang nya boleh keluar, si abp #1 instruksiin penumpang keluar..

Kira kira itu briefingan yang jadi jawaban gue.
Entah bener apa enggak, dan entah tuh instruktur ngerti apa enggak kan disuruh nya pake bahasa inggris, yang pasti beliau cuma iya iya aja, apa lagi pas briefing suara gue keras banget.

Tiba saat nya di penghujung acara, pemberian form hasil pengecekan!! Jantung gue yang tadi nya di rongga dada kiri, kayaknya agak kegeser dikit jadi di bawah diafragma. Tapi gue selalu bilang ke gue sendiri.
"kalo gak lulus hari ini besok masih bisa, tapi kalo gak lulus lulus gmna?" pernyataan pesimis mulai memenuhi rongga kepala gue. 

Pas di kasih itu form, ada tulisan yang menarik perhatian gue
"Ready for flight check"
apaan nih maksudnya? Gue tanya sama si mbak nya.. Doi bilang
"iyaudah kamu lulus siap buat flight training, selamat ya"
Apa itu flight training?
Siapakah dirinya?
Sejenis makanan kah? 
Bisa bikin gue move on gak? 
Cakep gak cakep gak? 
Nanti di bahas di postingan selanjutnya. JYA NEE!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -