Posted by : Fuyakiridozi Sabtu, 09 November 2013

HOBAH HOBAH!!!

Balik lagi nih. 
Gue harap belum pada bosen dengerin curhatan gue hahaha.
Cie yang udah lulus flight training sama flight check.
Udah boleh terbang?
Kalo izin terbang lu udah keluar sih boleh boleh aja.
Izin yang gue maksud ini adalah Flight Attendant Certificate (FAC) ya bisa dibilang FAC itu SIM nya para Awak Kabin.



Tapi kalo dibilang SIM sih enggak juga, soalnya kan Awak Kabin gak ngendarain pesawat.
Nah soal dokumen ini, ada yang bilang FAC itu License. Padahal FAC  jelas jelas beda sama License.
Kalo License itu lebih buat orang yang punya kemampuan buat mengoperasikan atau yang bisa mengendarai.. Kayak para pilot dan engineer.



Nah kalo Awak Kabin kan cuma sekedar naik, memang mengoperasikan sesuatu yang ada dipesawat, tapi terbatas di kabin aja.
Jadi, kalo ada yang bilang FAC itu License kurang tepat ya.
Kalo gue dulu sebelum dapet FAC, biar tetep bisa terbang gue masih pake Temporary Airman Certificate (TAC)
Gue ngerasain pakai TAC kira kira 2 bulan. Trus baru deh dapet FAC.
Pengalaman first flight gue dulu yang masih mengantongi TAC, terbilang gak mengenakan, ya mungkin karena masih baru ya.



Gue masih bingung kenapa kalo suatu hal yang baru, kayak gadget baru, mobil baru, pacar baru, mantan baru, itu selalu menghasilkan suatu hal yang menyenangkan bagi beberapa orang.
Tapi kenapa "anak baru" itu sepertinya beban buat anak anak yang udah lama ya? Mungkin lu juga pernah ngerasain pahitnya jadi anak baru. Gue salah satunya.

Jadi, rute first flight gue waktu itu JAKARTA-PEKANBARU-MEDAN-JAKARTA
Kalo gak salah itu schedule jam empat sore.
"INI SCHEDULE TERBANG PERDANA GUE" Jujur aja saat dapet itu gue diantara seneng, sama sekali lagi gue punya firasat buruk soal ini.

Dengan modal tekad serta dandanan seadanya gue berangkat ke bandara.
Gue pake seragam!! Gue geret geret koper!! Tapi gue lagi gak flight training. Gue gak lagi yang namanya di dampingi instruktur, dan gue gak di temenin sama temen. Gue udah jadi Awak Kabin bo'

Sesampainya di bandara, gue langsung menuju ke ruangan FLOPS, salaman lagi dan lagi.
Setelah salaman gue langsung absen via browser yang udah disediain di flops. Di website itu selain bisa absen kita juga bisa ngeliat kru yang nantinya terbang bareng kita.

Kita catet (biasanya sih junior). Trus cari deh kru yang udah kita catet itu..
Nah gue cari deh tuh orang orang yang tadi nama nya udah gue catet. 
Berhubung gue dateng kecepetan orang yang gue cari kayaknya belum ada yang datang. Yaudah gue duduk dulu aja di crew room. Agak lama sih gue duduk sekitar 15 menitan, berhubung gue gelisah ya gue balik lagi buat nyari kru gue.
Bingo!! Ketemu satu!! Langsung aja salaman, sambil ngomong
"mbak ke Pekanbaru ya, mbak saya ikutan ya. Ini first flight saya" 
Mbak nya sih senyumin gue tapi tiba tiba dia ngomong "Oh first flight? Mampus deh"
*degg* 

Gue rada sakit hati pas dia ngomong itu, emang ada yang salah sama orang yang first flight? Toh dulu juga dia sebelum jadi yang sekarang pun pasti pernah ngalamin first flight kan.. 

"Eh lu, udah kenalan sama mbak nya belum?" teguran mbak itu membuyarkan pikiran gue. 
"Uhm, mbak FA 1 nya mbak?" 
"Iya lah, udah belum?" 
"Belum mbak.." 
"Yaudah sana kenalan dulu, mbak nya di crew room" sambil bahu gue didorong agak keras. 

Yaudah lah gue masuk lagi ke crew room. Berhubung gue gak tau orang nya yang mana, yaudah deh gue salamin lagi satu satu orang yang ada disana sambil gue liat notebook yang udah tertulis nama nama kru nya.
Pas di tengah tengah ritual salam salaman gue ketemu deh tuh mbaknya. Langsung tanpa basa basi gue ngulurin tangan dan salaman 
"mbak, saya ikutan ya" 

Boro boro senyum dia malah ngomelin gue
"heh mbak, lu baru dateng ya?" 
"saya udah dateng dari tadi kok mbak" 
"mana, buktinya lu yang terakhir kenalan sama gue" 
"maaf mbak" gue sambil kenalan sama Awak kabin yang terbang bareng sama gue, mereka duduk di deket
FA 1 nya. 

Sesudah kenalan, FA 1 nya briefing. 
"boleh keluarin License nya?" 
Gue yang baru banget terbang saat itu masih pake TAC. 
"mbak, maaf ini first flight saya. Mohon bantuannya" 
"oh first flight. Eh mbak dimana mana first flight tuh harus banyak banyak inisiatif. Nyari kru nya kek atau gmna. Ini masa malah senior lu yang nyariin gue" 
"iya mbak, maaf" jawab gue 

Si mbak lanjutin briefing nya. Apa aja sih yang di briefingin sebelum penerbangan? 
Pertama-tama yang pasti nge cek dokumen dulu. Kayak FAC/TAC lu, passpor yang mau terbang internasional, dan Medical certificate atau bahasa lokal nya sertifikat kesehatan, kalo ada itu berarti lu sehat dan laik terbang. Semacam surat dokter nya buat awak kabin, cuma ini berlaku tiap 1 tahun sekali. Tapi itu buat Awak Kabin yang udah punya FAC.


Kalo yang masih TAC udah punya Medical Certificate? Hmm.. Pengalaman gue dulu selama pakai TAC gak punya. Terakhir sih masih diperdebatkan, apakah yang dokumen penerbangannya belum dilengkapi sama Medical Ceritificate, dalam kasus ini kebetulan korbannya adalah para Airman yang masih pakai TAC itu laik terbang atau enggak masih ngambang. Tapi selama ini, temen temen yang masih pakai TAC, oke oke aja kok kalo terbang. Disamping semua itu, kalo lu udah mendapatkan dokumen penerbangan walaupun masih berbentuk selembar TAC, berarti kan lu udah qualified untuk menjadi seorang Awak Kabin.
Udahlah ya kalo soal itu biar kita serahkan kepada petinggi yang ada di Jalan Merdeka Barat.

Lanjut ke briefingan mbak FA1 nya, denger denger sih kalo tiap satu set crew ada salah satu Awak Kabin nya yang first flight si FA 1 nya itu bakalan tanya tanyain soal safety di briefingan mereka. Gue dulu gitu gak ya pas first flight. Lupa juga haha..

"Kamu cabin dua, tiga, empat didepan sama saya. Dan lu yang first flight di lima ya. Lu kalo gak tau nanya nanya, jangan sok tau. Banyakin inisiatif" ungkap si mbak FA 1 sambil nunjuk nunjuk gue.
Gue cuma iya iya aja.

Soal penempatan FA dua, tiga dan seterusnya itu sih biasanya diliat dari batch nya. Kalo udah FA 1 brarti udah paling senior. Nah yang paling junior harus puas di posisi lima. Untuk jumlah FA dalam satu set crew nya bisa lihat disini
Setelah briefing langsung ke pesawat.
Sampai dipesawat lu ngapain?
Lu langsung deh yang nama nya cek emergency equipment.


Cek semua nya satu satu. Biasa nya sih tinggal nyocokin sama checklist yang udah ada. Tapi bukan berarti lu sembarang ngecek ya. Cek lagi Expired date nya, masih kesegel apa enggak, masih ditempatnya apa enggak, jumlahnya sesuai apa enggak.
Yang biasanya nge cek sih yang Awak kabin junior nya, untuk senior nya tinggal nunggu laporan dari juniornya.
Si senior yang megang checklist kayak gambar diatas, tapi kebanyakan sih yang udah diisi. Nah para junior biasa nya nyebutin expired date nya, trus si senior nya ngeliat checklist yang udah keisi itu, sama apa enggak expired date sama jumlah nya sesuai sama yang udah di tulis oleh crew sebelumnya.
Setelah para selesai, lapor deh sama FA 1 nya sebagai pemimpin dicabin.

Sebelumnya gue bilang ada FA satu, dua, tiga, dan seterusnya. Nah kalo pos mereka itu di galley. Kan tiap pesawat biasanya minimal ada 2 galley. Galley depan dan belakang, untuk FA 1 dan 4 itu di galley bagian depan yang dekat sama kokpit, kalo FA dua, tiga, dan lima itu di galley belakang.
Oh ya soal posisi tadi, gue share sesuai pengalaman, peraturan yang ada di operator dimana gue bekerja ya. Mungkin tiap operator beda.

Setelah cek emergency equipment, lu cek kabin lu sebelum boarding, kayak cek life vest yang ada di bawah kursinya masih ada apa enggak, cek kartu petunjuk keselamatan masih ada gak di setiap kantong kursi, bukain gasper air outlet atau blower AC nya di tiap baris biar gak penumpang kepanasan. Kalo semua nya selesai, laporan deh "cabin ready for boarding" 

Naah di saat boarding ini lah kita sebagai awak kabin tebar pesona  ngeliat penumpang. Gak sembarang liatin sih, ya lu juga jeli sama tiap tiap tingkah laku sang pembayar jasa. Apa aja yang mereka bawa, bantu bantu mereka ngatur barang barang mereka di tempat penyimpanan yang di atas kepala mereka (Overhead bin).


Ngatur penumpang itu gak gampang, apalagi kalo penumpang lu saat itu lebih dari 200 orang. Penumpang yang sok kenal sok deket sama Awak Kabin nya, ada. Yang manja, ada. Yang bawaan nya melebihi kemampuan manusia biasa, ada. Yang masih main hp di pesawat, banyak.

Gue yang waktu itu masih Fist Flight, yaaa boarding udah kayak setrikaan bolak balik depan belakang. Liat di depan macet karena FA 4 nya gak boarding, doi malah asik asik greeting. FA 1 nya kemana? Dia kan yang harusnya greeting.
Alhasil gue kerja rangkap. Nengok ke belakang, macet juga kayak pintu tol Tomang. Saat sekiranya di depan udah agak lengang kayak jalan raya pas lagi Lebaran, gue langsung menuju kebelakang, berkutat sama penumpang yang rata rata ribet sama barang bawaan mereka.

"mbak, ada tempat kosong lagi gak? Ini gerobak cireng isi saya gak muat disini"

Ada juga penumpang yang ribet karena tempat duduk kepisah sama keluarganya
"mbak, ini saya kepisah sama anak saya duduknya"
"ibu emang duduk nomor berapa sama anaknya?" jawab gue sambil senyum lebar
"nomor nya sama sih mbak, cuma anak saya duduk nya di pesawat sebelah. Gimana dong mbak?"
*kemudian gue pun tidur di overhead bin*


Oh ya di operator dimana gue kerja ini terbiasa kerja cepet, apa lagi kalo udah delay. 
Ya delay, apalagi operator yang satu ini emang dikenal Jagonya Telat oleh sebagian besar pengguna jasa penerbangan.
Jadi bisa bisa nya para Awak Kabin aja buat ngatur nya, apalagi kalo infant (bayi) nya banyak yang harus dibagiin baju pelampung khusus bayi, sama sabuk pengaman tambahan buat doi, dan orang tua nya pun harus dibriefing. 

Trus ngurusin penumpang dewasanya yang bahkan lebih susuah diatur. 
Belum lagi harus briefing exit row seating. Karena kan gue FA 5 harus briefing penumpang yang duduk di jendela darurat (Overwing Exit)
Yah inti dari briefing an itu sih jangan di sentuh apa lagi dibuka si jendela nya tanpa ada nya aba aba dari awak kabin.
Diliat lagi ya penumpang yang duduk di singgasana itu, pastiin kalo beliau beliau memiliki umur setidaknya diatas 18 tahun, pria/wanita atau pria yang agak kewanitaan atau wanita yang agak kepriaan gak masalah, sehat walafiat secara fisik dan mental. Kalo bisa lu tes dulu mereka pake soal buat CPNS. Dan bukan special passenger (ibu hamil, anak anak, manula, orang cacat) ya..

"Flight attendant door close, slide bar arm, and cross check" 

Kalo udah denger command kayak gitu, brarti proses boarding ditutup, Awak Kabin nya langsung tutup pintu (yang kebuka), warning flag yang tadi nya posisi datar di atas jendela pintu, jadi di silangkan. 



Mengubah posisi girt bar yang tadi nya disarmed, jadi arm. 



Trus cek deh pintu sebelah nya udah di posisiin arm belum.
Trus kita lapor sama FA 1 nya.

"Mbak, 5R slide bar armed and cross checked"

Setelah itu kita siap siap buat safety demonstration.
Setelah safety demo, kita final cabin check sebelum take-off.
Setelah kira kira kabin nya udah aman, report deh cabin ready for take-off. Langsung ada command

"Flight attendant take-off station"
Kalo udah denger itu langsung deh lu duduk di jumpseat masing masing, pake safety harness lu.
Setelah seat belt sign nya off, udah deh tuh lu mulai kerjaan lu pas inflight. Beberapa operator mungkin service makanan ke penumpang, tapi ada juga yang jualan. Nah kalo di operator tempat gue kerja, nama nya juga Low-cost air carrier, jadi gak servis apa apa. Saat inflight kita cuma jualan. Dan lu yang pasti keep watching terhadap penumpang. Takut takut kan tiba tiba ada penumpang lu sakit, sakit hati abis diputusin contoh nya.

"flight attendant prepare for arrival" 


Itu brarti sekitar 20 menit lagi udah mau nyampe tujuan lu. 
Kalo buat awak kabin, saat nya bersih bersih kabin. Ya tujuan nya buat penumpang juga sih, biar nyaman. Lu angkutin deh tuh sisa sisa bungkus makanan/minuman nya. 
Kalo seat belt sign nya udah nyala, nah final preparation sebelum mendarat. Lu cek kabin lagi, pastiin penumpang nya udah siap buat mendarat. Baru deh lapor cabin ready. 

"flight attendant landing station" 
Siap siap mendaraaat.. Tiga... Dua... Satu... 


Selamat sampai tujuan.

Mendarat, penumpang turun, lanjut boarding lagi. Begitu seterusnya sampai landing terakhir. 

Setelah perjuangan keras yang hampir bisa dibandingkan sama perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini. Akhirnya pulang juga.

Sampai ketemu di postingan abal abal lain nya. 

Jya nee ~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -