Posted by : Fuyakiridozi Rabu, 06 November 2013

Holla hallo... 

Sesuai janji pada postingan sebelumnya, gue bakal sharing soal flight training..
Apa itu flight training?

Well di sesi ini lu sebagai calon awak kabin, bakal di ajak "jalan jalan" sama instruktur lu. Gak jalan juga sih, orang naik pesawat kan..
Nah saat flight training setidaknya lu sudah mendekati ke arti dari awak kabin sebenernya. Lu udah berpakaian dan berdandan layak nya mereka, bawa handbag yang sama, narik narik koper, dan bersikap setidaknya mirip mereka. Yah, itu lah yang orang lain lihat secara kasat mata..



Pengalaman flight training gue dulu, kalo di bilang berat emang berat banget dan butuh perjuangan.
Sejak gue dinyatakan lulus dari ground check, gue di tuntut harus siap buat ke pengecekan selanjutnya, Flight training. Rasa seneng, sekaligus panik memenuhi tiap rongga badan gue.

Seminggu setelah ground check kami sekelas dipindahin ke asrama (mess) pramugari yang lokasi nya gak jauh dari Bandara. Pertama kali gue menginjakan kaki disana, gue merasa ada sesuatu hal yang mengerikan bakal terjadi, tapi gue abaikan, karena gue pikir pasti inilah yang dirasakan semua orang yang baru pindah kesini. Hmm, apa cuma gue doang yang merasakan itu?

Saat pembagian kamar gue agak kecewa, karena gue gak bareng sama sohib gue waktu di kelas. Yang penting gue gak sendirian. Waktu itu gue sama temen gue, masih yang nama nya satu tempat tidur berdua, ya satu tempat tidur dengan ukuran yang gak gede untuk dua orang, masih untung temen gue itu badan nya gak terlalu gede, masih ada untung nya.

Kita yang baru sampe banget itu apa apa harus greeting ke semua senior yang ada disana.
"semua seniornya gila hormat, kampret" pikir gue.
Mau ke toilet aja harus salaman. Kebayangkan kalo lu udah kebelet banget tapi lu harus 'nyalamin' tiap senior yang lu lewatin? Kalo cuma satu atau dua orang, kalo ada lima lusin? Siap siap aja lu bawa sabun colek buat cuci celana lu.
Mungkin kalo di buat lagu, bakalan gini liril nya
"aku mau makan, ku salaman dulu. Aku mau tidur ku salaman dulu" 

Dulu waktu dikelas emang kita di ajarin untuk greeting dan harus excuse sama siapa pun, gak masalah sih. Cuma kadang sikap yang satu ini disalah gunakan sama beberapa oknum senior buat menindas juniornya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Karena nanti malam nya ada acara yang disebut "Familiarisasi" dibandara, jadi kita semua harus istirahat. Gue saat itu dilanda rasa ketakutan yang tidak beralasan dengan dosis tinggi, gak bisa tidur sama sekali. Sedangkan bedmate gue, mungkin kalo ada bom nuklir lagi di Hiroshima dia juga gak akan bangun.

Sampe sore, masih dengan ketakutan yang sama, gue mandi, pas mau ke kamar mandi nya tiap ketemu senior harus di salamin. Untung cuma sedikit senior nya. Abis mandi, siap siap, dandan. Setelah rapi kita semua keluar mess menuju bandara. Waktu itu sekitar jam 18.30
Gue deg degan banget, gue yakin nanti bakalan terjadi hal yang gak baik.
Sesampai nya kita di bandara, atas instruksi dari mbak mbak instruktur kita langsung masuk ke ruangan flight operations (FLOPS). Pas masuk sana, ya seperti biasa salaman sama tiap senior yang ada didekat kita. Sambil salaman kita harus ngucapin..

Selamat malam mbak nama saya si anu, saya dari batch segini, mbak udah makan belum? Kalo belum makan, bareng sama saya yuk. Nanti mbak yang bayarin makan saya juga tapi nya.
*kemudian si mbak nya pun resign*

Berhubung instruktur nya belum datang semua, kita masih harus nunggu, sekaligus nunggu pesawat terakhir yang ngeRON atau nginep di bandara. Kita di izinin buat makan malam, pas banget gue emang belum makan dari siang. Setelah makan kita disuruh balik ke ruangan FLOPS, salaman lagi? HAHAHAHAHA iya lah. Gue curiga tangan para awak kabin itu kapalan bukan karena narik narik koper, tapi gara gara salaman mulu.


Setelah selesai dengan ritual salam menyalam nya. Kita di briefing sama instruktur, tentang apa aja yang nanti bakal dilakukan saat familiarisasi.
Briefing selesai, kita langsung menuju ke pesawat. Ngapain aja dipesawat?
Kita lakukan semacam simulasi kayak gimana pekerjaan kita nanti..
Tapi simulasi nya sambil diomelin..
Ya, lu diteriakin, dimaki maki, sampai gue berpikir, ini kah yang mereka sebut familiarisasi? Memfamiliarkan kegiatan memaki orang?
Katanya sih buat ngelatih mental. Hmm...
Gue masih gak ngerti sistem melatih mental dengan cara memaki maki, berteriak kepada orang lain. Menurut gue, itu sih berarti secara langsung melegalkan kegiatan maki maki sambil teriak kalo menemukan orang yang berbuat salah.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Skip duluu.. Hehe..
Kita ambil yang bener bener mendidik nya aja deh walau sedikit haha..
Pas disana kita disuruh simulasi cara cara safety demo, briefing penumpang, buka tutup pintu pesawat. Banyak, banyak yang dimaki maki dan diteriaki maksudnya. Materi yang di simulasiin sih sedikit.
Kalo buat gue yang bikin capek itu pas cara buka tutup pintu pesawat nya. Satu pintu pesawat sama gue juga masih beratan pintu pesawat kali.
Tiap hari aja gue buka tutup pintu pesawat lengan gue bisa nyaingin lengan nya Ade Rai.

Familiarisasi waktu itu selesai pas banget jam jam nya orang yang mau pada sahur. Yang lain pada pulang ke mess, gue gak mau ke mess. Gue milih pulang kerumah, beruntung aja ada temen gue yang di jemput naik mobil, untung aja jalan ke rumah dia searah sama rumah gue, alhasil gue nebeng doi.
Gue turun di pinggir jalan raya, udah deket rumah sih tapi masa iya dengan gue yang udah berseragam, bawa koper harus jalan kaki subuh subuh gitu.
Nanti dikira nya gue setan pramugari geret koper lagi. Susah juga..
Untung aja pas itu bapak gue udah mau siap siap kerja, sebelum beliau berangkat gue minta tolong buat jemput gue.. Sampai dirumah gue langsung tidur gak pake basa basi lagi. 

Seharian itu gue tepar, tadi nya hari itu juga gue pengen balik ke mess soal nya temen sekasur gue bilang kalo dia takut gak ada temen nya, tapi gue urungkan niat gue itu pas dia cerita kalo dia diomelin sama senior yang satu kamar itu tanpa alasan.

Oh ya jadi satu ruangan (kamar) itu isi nya buat empat orang. Tiap tempat tidur di batesin atau dipisah pakai tirai, kurang lebih gitu deskripsi kamar yang ada di mess.
Nah, si senior ini yang kebetulan tempat tidurnya satu kubu sama kasur gue dan temen gue.

Entah apa alasan senior yang nama nya gak perlu disebutkan ini karena emang gue gak tau nama nya, marah marah sama temen gue. Yang jelas itu udah menjadi salah satu jawaban atas perasaan takut gue selama ini. Ya, senior yang tingkah laku nya berbasis mesin diesel, berisik, tukang ngomel.

Sempet gak enak sih gue karena gak balik ke mess, tapi mama gue juga bilang kok besok lagi aja balik nya, mending istirahat dirumah aja. Sebagai anak yang patuh sama mama, ya gue turuti aja apa kata beliau. Padahal mah emang males kesana nya juga haha. 

Besok sore nya gue di anterin ke mess, setengah hati banget gue kesana. Masih kepikiran sama senior senior yang ada di mess. Bukan kepikiran mereka udah makan apa belum, atau mereka sehat apa enggak ya..

Sepanjang perjalanan menuju mess, gue terus berharap tempat itu kebakar, atau tiba tiba ada godzilla yang lagi mau bertelur di sana. Jadi gue gak perlu ke mess.
Semakin liar fantasi gue, semakin dekat juga jarak menuju sana.
Bahkan gue berharap ada alien yang tiba tiba dateng, menculik beberapa manusia untuk di jadikan bahan percobaan, termasuk gue..

Sesampainya dimess, gue ngendap ngendap kayak maling profesional. Gak tau juga buat apa gue ngendap2, itu terjadi begitu saja. Salaman lagi? Oh ya jelas dong..
Selesai beberes, niat nya mau tidur. Besok gue dapet schedule flight training jam 04.00 pagi soal nya.
Bukannya berdoa sebelum tidur, gue malah berfantasi soal alien dan godzilla itu, berharap mereka datang buat nyulik gue. Bukan adegan yang untuk ditiru.

Alarm bunyi, bangun. Dengan kekuatan yang setengah setengah gue langsung menuju kamar mandi. Waktu itu pukul 01.30 dini hari. Sambil showeran, sekali lagi gue masih berharap godzilla dateng memangsa semua senior yang ada disini.. Ah kejam..


Selesai mandi, gue langsung buru buru ke kamar. Sampai di kamar gue liat, di bagian kubu gue kok lampu nya mati..
"mampus, ada orang nih jangan jangan" 
setelah sekiranya keberanian gue kekumpul gue jalan pelan pelan menuju kubu gue. Sampe disana, bener aja dong di kasur sebelah ada tumpukan yang membentuk tubuh manusia yang ditutupi selimut. Karena gue pikir orang yang ada di bawah selimut itu tidur ya gue diemin aja, dan lanjut buat siap siap.
Gue pake baju, dandan dalam keadaan gelap gelapan.
Gue gak berani nyalain lampu, paling gue dandan pake bantuan senter kecil. Gak lucu kan kalo gue pake lipstick buat ke mata.

Tiba tiba orang itu langsung nembak gue
"EH MBAK LU GAK LIAT ADA ORANG DISINI? GAK ADA EXCUSE NYA SAMA.GUE LU"

Astaga gue kaget banget asli. Langsung aja gue bilang
"maaf mbak, saya pikir mbak tidur. Jadi saya gak bilang sama mbak"

"LU BERANI BERANI NYA JAWAB LU. MASIH JUNIOR JUGA BELAGU. GUE DISINI UDAH 3 TAHUN YA"

Gue cuma bisa minta maaf aja saat itu, dan gue tetep lanjutin kegiatan gue. Tiba tiba dia orang teriak lagi

"EH, DENGER YA. KALO ADA BARANG BARANG GUE YANG ILANG. GUE BAKAL NUDUH LU DULUAN. INGET LU!! UDAH GAK ADA EXCUSE NYA. DI AJARIN SOAL ATTITUDE KAN DI KELAS?"
Sekali lagi gue cuma bisa minta maaf.

Kejadian diatas cukup bikin gue shock pagi itu. Gue sih berusaha buat gak mikirin soal teriakan teriakan tadi. Cuma ya nama nya juga anak baru kemarin. Gue masih takut takut. Setelah selesai dandan gue langsung aja cabut dari kamar titisan Hades itu.
Gue ketemu sama temen se batch yang kebetulan flight training di hari yang sama. Cuma beda grup.

Oh ya jadi yang flight training itu dibagi jadi beberapa grup, nah satu grup nya ada tiga orang.
Gue satu grup sama, sebut saja mereka kuku dan kaka. Nah kuku dan kaka ini batchmate gue, cuma emang bukan temen deket. Sampe di bandara, gue ke flops, salaman (lagi). Trus ketemu sama temen satu grup gue. Dan akhirnya instruktur yang nanti nya dampingin kita datang.
Takut? Banget..

Apa yang di briefing in sama si mbak yang tidak perlu diketahui nama nya ini, gak gue serap dengan seksama. Alhasil, apa pun yang doi omongin gue catet. Sampe sampe dia sempet curhat soal mantannya yang besok nikah, gue catet.

Selesai briefing kita langsung kepesawat, kenalan sama kru yang lagi duty. Oh ya kalo masih dalam tahap flight training, brarti lu belum bisa terbang mandiri, alias belum jadi kru aktif dalam satu penerbangan.
Trus ngapain aja dong?
Ya lu liat kru aktif nya kerja.
Dari check emergency equipment, sampe check lavatory. Paling lu ngebantu bantu aja. Tips dari gue sih ya banyak inisiatif aja. 

Misalnya si mbak nya mau bersihin lavatory.
Cukup bilang "sini mbak biar aku aja"
mbak nya mau jualan "udah mbak biar aku aja"
mbak nya mau makan "udah sini mbak aku aja.."

Selama flight training lu tetep yang nama nya di tanya tanyain tentang yang ada di buku manual. Kayak di ground check aja sih. Cuma bedanya lu di tanyain di pesawat. Ya di pesawat betulan yang lagi terbang.
Oh ya rute hari pertama flight training gue waktu itu dari Jakarta-Makasar-Jakarta-Makasar-Jakarta..
Mabok? Oh ya jelas.. Kalo bisa nangis darah mungkin saat itu juga gue nangis darah. Flight time nya aja masing masing sekitar 2 jam lebih.

Alhamdulillah, walau ngerasa capek gue gak ada yang nama nya mabok udara. Apalagi untuk ukuran gue sebagai manusia yang baru pertama kali naik pesawat. Padahal gue denger denger dari orang lain, ada yang muntah muntah lah, sakit kepala, masuk angin, bibir pecah pecah, sampe susah BAB.

Hari pertama, kedua gue jalani dengan susah payah. Tiba di hari ketiga. Bisa dibilang itu hari penentuan buat lu, lanjut apa ke sesi berikutnya apa enggak, asal lu tau gue hattrick, tiga hari berturut turut dengan rute yang sama. Kurang gaul apa gue.
Hari ketiga itu mungkin hari sial buat gue, ya sial. Disaat kedua teammate gue lulus, dan lanjut ke sesi selanjutnya. Gue masih harus ngulang flight training lagi. Ya ngulang.. Kenapa gue yang kembaran nya Atsuko Maeda ini bisa ngulang lagi?

Sebenernya sih keliatannya sepele. Tapi kalo kata si mbak siapa ya gue lupa namanya, itu fatal. Singkatnya setelah boarding, gue yang harusnya safety demo malah langsung duduk. Si mbak instruktur nyariin gue. Pas inflight abis gue dimaki maki sama doi.

Semua kata kata kasar dikeluarin sama dia. Yang kalo bisa di uangkan, cukup buat beli Lamborghini sama sate 10 tusuk.

Maaf, maaf, maaf. Cuma itu yang terus gue ucapkan ke mbak nya.
Salah gue sih. Tapi yaudahlah. Kesel. Tapi ya mau gimana lagi kan.
Alhasil, seperti yang gue bilang sebelum nya gue ngulang. Dan untungnya gue ngulang sama salah satu sohib gue Chan... Yeii.. Masih di format yang sama kok tiga orang dalam 1 grup. Untungnya cuma dua landing aja. Langsung lulus.

Setelah lu flight training, masih ada flight check. Nah flight check ini yang gue maksud "sesi berikutnya". Flight Check atau kebanyakan ada yang bilang Competency Check. Cuma sehari kok dan cuma dua landing, tapi lu langsung yang namanya di cek sama orang Perhubungan Udara, bagian Cabin Inspector.

Mereka nge cek nya sama aja kayak instruktur yang lain sih, cuma mereka itu bisa dibilang yang nentuin bisa apa enggak nya lu jadi Awak kabin.
Waktu itu gue pengecekan bareng temen temen yang asik. Jadi gue gak ngerasa ada beban sama sekali.
Dan untung nya lagi, Cabin Inspector nya itu bapak bapak, ya bisa lah haha.

Landing terakhir. Pas di bagiin form pengecekan nya. Kita bertiga gak berhenti berhentinya bersyukur. 
Kita lulus.
Saking seneng nya, instruktur sama Cabin Inspector gue arak keliling bandara. Huah..
Bener aja kata orang, kalo lu belum nyicipin kegagalan, lu gak akan bisa ngerasain manis nya keberhasilan.

Ya, pengulangan gue saat flight training waktu itu bukan menjadi patokan apakah gue akan berhasil atau tidak. Lagian, kegagalan adalah keberhasilan yang masih di pending sama Tuhan.

Jya nee ~~~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -