Posted by : Fuyakiridozi Selasa, 24 September 2013





Selamat pagi Mbaak, Selamat siang Mas, Selamat sore Capt!

Yep, itu lah kata kata yang paling sering banget gue dengar.
Kenalin gue fuyakiridozi, well se enggak nya itulah yang gue ingin orang tau *kayaknya gak ada orang yang mau tau ya*
Gue disini, di tempat ini, detik ini juga akan membagi pengalaman gue sebagai Awak kabin pesawat *ceileh*

INTRO *lagi*

Apa sih yang pertama kali terlintas di pikiran lo saat lo denger kata "Pramugari" atau "Awak Kabin" ? .
Seorang perempuan cantik kah? Orang yang kerja di pesawat kah? Orang yang ngelayani penumpang di pesawat kah? Awak Kabin atau orang kebanyakan bilang nya Pramugari, sebenernya sih penyempitan makna ya, sekarang ini pramugari adalah orang yang kerja di pesawat aja, padahal di kereta dan kapal juga ada pramugari nya.

Jadi Awak Kabin harus cantik, pintar, dan tubuh yang proporsional?
Kalo menurut gue sendiri, tanpa campuran bahan pengawet, enggak juga tuuh.. Faktor keberuntungan atau bisa di bilang baik buruk nya nasib lu juga berperan amat penting saat lu memutus kan untuk jadi seorang Awak Kabin. Ya gak usah jauh jauh nyari contoh, liat aja gue.. Kalo di tanya, lo kok bisa jadi Awak Kabin? Gue spontan bakal bilang "That was my luck"
Gue? Gak pinter pinter amat. Juga gak cantik cantik amat, bahkan gue aja kalah cantik sama si amat! Dan tubuh gue jauh dari definisi proporsional, ibarat lapangan bola gue itu tiang gawang nya, rata. Tapi kenapa bisa? Well "Nasib berkata lain"
Ada kejadian lucu nih, sebener nya gue juga lupa kalo gue dulu pernah bercita cita jadi pramugari, tapi semua itu berubah setelah seorang temen SD gue mention sebuah foto yang bertuliskan biodata semua temen temen SD dulu termasuk gue, nah di biodata itu tertulis kalo cita cita gue itu adalah
"Pramugari" . Asli, gue diantara terharu temen gue yang satu ini keren banget masih nyimpen biodata temen temen SD, sama kaget banget entah ini emang jalan nya gue atau kah hanya kebetulan gak ada yang tau..
Lanjut lah..

SELECTION FOR TRAINING

Semua orang pernah di training, atau bahasa gaulnya latihan, latihan biar jadi seseorang. Jadi atlet profesional harus di latih. Jadi koki ada latihannya. Jadi mbak mbak warteg juga perlu latihan..
Begitu juga Awak Kabin, selain harus melewati seleksi yang kata nya ketat, seketat baju nya Nikita mirzani. Jadi awak kabin pun ada training nya lho..
Buat adek adek yang mau jadi awak kabin, cini cini kita duduk duduk manis, dengerin kakak cerita..

Yang pertama, bulatkan tekadmu!! Niat dulu, dan pastikan lu siap dengan segala resiko nya.
Tekad udah bulet, nah tinggal pilih deh airlines inceran lu, beda airlines beda juga peraturan nya.. Untuk initial flight attendant atau orang yang pertama kali mau jadi awak kabin beberapa airlines yang nerima adek adek yang baru lulus SMA, atau sama sekali belum punya pengalaman kerja. Ada airlines yang minta minimal lulusan D3, S1 juga ada. Jadi buat adek adek yang mengaku udah "dewasa" tapi belum megang minimal ijazah SMA, sabar dulu. Kita lagi ngomongin kerjaan ya..
Naah umur juga perlu di perhatikan niih. Minimal umur lu adalah 18 my age lah..


Bukan nya ngada ngada ya, ini emang tertulis kok di peraturan
pemerintah, atau nama kecilnya  CASR (Civil Aviation Safety Regulation) nah di situ tertulis kok usia minimal seorang initial flight attendant..
Kan minimal nya udah maksimal nya pasti ada doong.. Yap, itu balik lagi ke peraturan masing masing airlines. So, gak nutup kemungkinan lho buyut lu masih pengen jadi awak kabin di usia nya yang kelewat emas.


Performance alias penampilan!
 Point yang gak kalah penting nih, penampilan harus menarik!! Di mulai dari yang bisa menarik perhatian sampai yang bisa narik becak!!
Tips nya, banyakin senyum aja saat proses seleksi, pakai baju yang rapi, se rapi, rapi ahmat.
Jangan pakai kebaya lengkap dengan konde nya saat mau melamar jadi Awak Kabin. Itu bukan mau melamar pekerjaan, melainkan mau kondangan!!
Apa lagi kalo pake bikini, bisa bisa lu di cekal sama FPI dikira mau ikut kontes Miss World.

Badan proporsional. Umum nya sih tiap airlines bikin standar yang beda beda untuk tinggi dan berat badan. Ada juga kok yang bisa keterima walaupun tinggi  dan berat badan nya gak ideal. Ada yang kekurusan (contoh nya gue) ada juga yang kelebihan beban tubuh. (kayak yang di samping gue ini, entah siapa dia, dari mana asal nya, siapa ibu nya... STOP!!)


Pintar!! Pintar yang gue maksud adalah berwawasan luas, bukan pintar cari muka atau pintar cari masalah.
Rajin rajin aja baca buku soal ke dirgantaraan, apa lagi anak muda jaman sekarang udah pada punya gadget canggih, tinggal googling deh..
Jadi pas di tanya bandara Kuala Namu itu dimana gak jawab di kampung rambutan.
Bahasa inggris juga modal yang cukup penting nih buat para awak kabin, contoh nya..

"Coba sebutkan angka dalam bahasa inggris" 
"one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten"
"ayo lanjutkan, sebelas sampai dua puluh"
"one one, one two, one three, one four, one.."

*kemudian HRD nya pun mengundurkan diri*

Yak kurang lebih itu lah ya, yang bisa gue sharing soal seleksi Awak Kabin.. FYI aja ini tuh pengalaman pribadi gue, beda orang beda juga pengalaman nya.. Sharing aja di comment box yaa..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -