Posted by : Fuyakiridozi Rabu, 25 September 2013

Hollaa holla.. 

Gue mosting lagi nih.. Sebenernya masih sambungan dari sebelum nya.. 

Kalo di postingan sebelumnya ngebahas dan sharing soal seleksi nya, sekarang proses training nya nih..
Lu, udah di terima sebagai initial flight attendant? Wih selamat ya.. Tapi bukan saat nya lu bernapas lega, justru itu semua adalah awal dari semua nya guys!! Berawal dari proses training dulu yah.
Training nya ngapain aja?
Nanti belajar apa?
Yang ngajar siapa aja?
Bayar gak training nya?
Training itu apa, bisa dimakan gak?
Udah udah pertanyaan nyaaa..
Oke oke ehem ehem *benerin kerah* kita bahas yah..
Oke gue tegaskan lagi kalo gue hanya sharing pengalaman pribadi gue. Jadi kalo ada yang pernah di ceritain tapi beda sama gue, itu wajar, karena tiap orang beda pengalaman nya.. Okee..

Hari pertama training, gue lihat banyak orang asing (bukan berarti mereka WNA yah) yang rada bikin gue gugup. Saat masuk kelas, ternyata gue gak sendirian!! Ternyata ada dua puluh orang cewek (termasuk gue) yang training satu kelas sama gue. Gue lihat semua cewek berseragam kemeja putih dan rok hitam, lengkap dengan make up mereka yang cetar. Gak ada yang gue kenal!!
Kecuali 3 cewek yang duduk berjejer sambil ngelambaikan tangan nya ke gue
"heii duduk sini aja.."
Gue lega, ternyata ada orang yang sebelum nya ngelamar bareng gue, mereka Dika, Paulina, Kiki. Tiga cewek cucok ini lah yang pertama kali menyelamatkan gue dari kesendirian *hiks*

Gak lama dari itu, kelas dimulai. Masuklah satu instruktur atau pengajar yang nanti nya bakal jadi guru kita saat di kelas. Satu kalimat buat instruktur instruktur itu "Mereka eksis eksis bangeet"
Dan ada satu instruktur yang jadi wali kelas kita, asli, cantik banget orang nya gak pake bohong..
Hari pertama di isi sama perkenalan perkenalan aja. Masing masing peserta training memperkenalkan diri mereka masing masing.
Hebat!! Gue baru kali itu ketemu orang orang dari luar jakarta. Ada yang dari sumatera, jawa tengah, sulawesi, maluku, sampai ada yang dari irian jaya. Mereka semua punya latar belakang yang beda beda, ada yang lulusan SMA, D3 yang S1, yang lagi kuliah (itu gue) juga ada.

Nah perkenalan berlanjut, sampai kita ngebahas tentang peraturan peraturan yang harus di patuhi selama lu di sana, peraturan nya sih gak jauh beda sama yang ada di sekolah sekolah biasa, dan kita juga cerita cerita sama instruktur nya, belum masuk materi sih, cuma udah mulai sedikit sedikit ngebahas soal kerjaan kita nanti. Nah lagi asik asik nya sharing sama mbak instruktur nya tiba tiba kedengeran ada suara lagu gitu 
"kayak gue kenal nih lagu" pikir gue 
dan ternyata bingo!! handphone gue yang bunyi. Buru buru lah gue langsung matiin handphone gue. Emang pas itu hari sial gue kali yah, gue langsung dapet teguran gitu dari instruktur nya. Langsung dapet "bad luck" point, gue. Gila!! Hari pertama gue udah kasih predikat buruk ke instruktur. Seketika gue langsung galau, lari ke toilet, dan mem flushing diri gue sendiri. "aku bukan titanium, ma" 

Di hari hari berikutnya, training gue berlangsung lancar. Gue udah mulai bisa ngobrol sama temen sekelas, gue mulai kenal deket sama beberapa orang, dan paling penting gue bisa menyerap materi materi yang udah di pelajari dengan lancar (Alhamdu..lillah) 
Kata temen temen se angkatan sih, gue itu orang nya pendiem banget (tiba tiba kent*ut), gak ada basa basi nya, cuek, dan cowok banget. Yaa ~ diantara cewek cewek kece di kelas gue terselip sebuah cewek berambut pendek yang suka ngupil di tengah pelajaran, that's me! Rambut gue sih emang dari dulu pendek, sempet panjangin rambut pas jaman SMP dulu, karena udah mulai kenal cowok, udah mulai genit (ahay~) tapi toh rambut gue gak pernah yang namanya panjang melebihi bahu. Daan gue memutuskan untuk kembali memotong rambut gue saat SMA.. 

Lanjut ke sesi training nya nih, nah tiap pagi sebelum masuk materi para intruktur itu suka banget yang nama nya "Check Performance" atau ngecek dandanan lu dari ujung ke ujung lah. Soalnya, buat Awak Kabin penampilan itu nomor wahid!! 
Naaah berhubung gue (sama sekali) gak bisa dandan, gue langganan banget dapet note dari instruktur. Mulai dari rambut gue yang pendek (banget), gak pake blush on, sampe salah warna kuteks. PR banget gak siih.
Tiap hari kalo pas gue check performance, instruktur nya cuma bisa geleng geleng kepala sambil shuffling liat dandanan gue yang seadanya. 
Tapi di sisi lain gue salah satu anak yang, yaah kata temen temen sih gue pinter *ekheem* 
Gue cepet banget nangkep materi yang di beri.
Oh ya ngomong ngomong soal materi, apa aja sih yang di pelajari selama training? Yuks kita bahas satu satu yah.. 



Chapter one : General Flight Safety 

"Flight Attendants are unique among airlines personnel because they essentially have two distinct responsibilities on board an aircraft. The most important, but least visible, responsibility of flight attendants is that concerns to the safety and security of passengers and the aircraft cabin by preventing and managing adverse situations which may develop in the aircraft and to provide guidance to all persons on board during emergency"  

Itu tadi definisi Awak kabin Atau Flight Attendants secara umum, yang gue dapat dari buku manual, inti dari definisi nya adalah, Awak kabin itu punya tanggung jawab penuh atas keselamatan dan keamanan penumpang di kabin pesawat selama penerbangan. Kenapa gue sebut di kabin?
Karena Awak Kabin ruang lingkup kerja nya di kabin dan sekitarnya, kalo udah di kokpit beda lagi ya..
Nah, di mata orang awam Awak kabin itu kerja nya ya melayani penumpang, kasih makanan gratis, emang sih ada airlines yang memberi perhatian ekstra kepada penumpang nya, dengan cara di servis makan dam minuman gratis. Tapi tetep "Safety" nomor satu. Kalo pelayanan nya enak, tapi saat keadaan darurat Awak Kabin nya gak bisa ngapa ngapain ya percuma. 

"Mbak kemarin saya terbang pake Elang airways awak kabin nya ada 7, trus saya terbang pake WaterAsia awak kabin nya 5, kok beda beda ya mbak?"

Pernah denger pertanyaan ini? atau pernah di tanya kayak gini? Nah, jumlah awak kabin dalam satu pesawat itu di tentuin sama jumlah tempat duduk penumpang nya guys. Gue gak mengada ngada, emang ada peraturan nya lho. Nah yang gue sharing ini adalah apa yang udah gue pelajari selama ini, dasarnya? ya dari regulasi yang ada juga kok.. 
  • Kalo kapasitas tempat duduk penumpang (seat capacity) nya lebih dari sembilan sampai dengan lima puluh, MINIMAL Awak Kabin yang bertugas itu satu orang.
  • Terus kalo seat capacity nya lebih dari lima puluh sampai dengan seratusMINIMAL awak kabin yang bertugas itu dua orang
  • Nah untuk seat capacity yang udah lebih dari seratus, di tambah satu orang awak kabin tiap kelipatan lima puluh dari seat capacity nya. 
Naah itu kan peraturan tertulis dari pemerintah, kalo operator atau airlines nya pengen nambah nambah jumlah Awak kabin nya dalam satu pesawat sih boleh boleh aja, asal gak kurang dari apa yang udah di tertulis.

Udah segitu dulu lah ya, soal general flight safety nya.. Lanjut di chapter chapter berikutnya yaah!!

Dadaaah..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SKY-shit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -